RPP BAHASA SUNDA KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :................................... Kelas
/ Semester : X IPA-IPS / GANJIL Tahun Pelajaran : 2020 / 2021 |
Mata Pelajaran : BAHASA SUNDA Materi Pokok :
TERJEMAHAN Alokasi Waktu : 8 JP x
45 menit |
Kompetensi Dasar |
3.1
Menganalisis aspek kebahasaan dan rasa
bahasa teks terjemahan 4.1
Menerjemahkan teks ke dalam Bahasa Sunda atau sebaliknya dengan memperhatikan
unsur kebahasaan dan rasa bahasa |
Tujuan Pembelajaran |
Diharapkan setelah pembelajaran terjemahan
selesai siswa mampu untuk : 1.
Menyebutkan beda teks asal dengan teks terjemahan 2.
Menyebutkan unsur unsur basa dalam teks terjemahan 3.
Menyebutkan isi teks terjemahan 4.
Menerapkan kecap serepan dalam kalimah 5.
Menerapakan pribahasa dalam kalimah 6.
Menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke bahasa Sunda sesuai kaidah yang
benar 7.
Menerjemahkan teks bahasa Sunda kana Indonesia sesuai kaidah yang
benar |
Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 Pertemuan 2 Pertemuan 3 Pertemuan 4 |
Kegiatan Awal Orientasi · Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran · Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin · Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi · Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan · Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya · Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan Motivasi · Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari · Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Pengertian dan Contoh
Terjemahan · Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung · Mengajukan pertanyaan Kegiatan Inti ·
Peserta didik mengamati tentang materi pelajaran mengenai materi Pengertian dan Contoh Terjemahan untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi ·
Peserta didik membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan penerjemahan ke dalam
bahasa Sunda atau sebaliknya. ·
Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan contoh yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya : ·
Mengajukan pertanyaan tentang materi : Pengertian dan
Contoh Terjemahan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat ·
Peserta didik menandai atau menuliskan kata -kata yang sulit dari teks
terjemahan ·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama menerjemahkan kata/ kalimat
yang dianggap sulit dengan bantuan kamus dwibahasa ·
Peserta didik mencatat semua informasi tentang materi Pengertian dan Contoh Terjemahan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi. Pembagian kelompok untuk pertemuan
kedua ·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
pada topik materi Analisis Kata, Struktur
Kalimat, dan Rasa Bahasa Teks Terjemahan dengan cara : Mendengarkan lagu
es lilin dan menyimak pemberian materi Analisis
Kata, Struktur Kalimat, dan Rasa Bahasa Teks Terjemahan lagu es lilin
oleh guru. ·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan
tentang materi : Analisis Kata,
Struktur Kalimat, dan Rasa Bahasa Teks lagu es lilin yang tidak dipahami
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. ·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Analisis Kata,
Struktur Kalimat, dan Rasa Bahasa Teks Terjemahan lagu es lilin sesuai
dengan pemahamannya dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. ·
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data ·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban atas pertanyaan
yang muncul ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang
materi Analisis Kata, Struktur Kalimat,
dan Rasa Bahasa Teks Terjemahan lirik lagu es lilin berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan ·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa : ·
Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan
dengan materi Analisis Kata, Struktur
Kalimat, dan Rasa Bahasa Teks Terjemahan ‘Pmbukaan UUD 1945” yang akan
selesai dipelajari ·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi membandingkan hasil terjemahan antar
individu atau kelompok dengan cara: mengamati Lembar kerja Menerjemahkan Teks ke Dalam Bahasa Sunda
atau Sebaliknya. ·
peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya : cara Menerjemahkan Teks ke Dalam Bahasa Sunda atau Sebaliknya ·
peserta didik mengamati dengan seksama teks hasil terjemahan dari teman yang
sedang dipelajari dalam bentuk lembar kerja yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. ·
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum
dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi Variasi
Pola Penyajian Teks Terjemahan ·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan hasil Menerjemahkan
Teks ke Dalam Bahasa Sunda atau Sebaliknya dengan rasa percaya diri
sesuai dengan pemahamannya. ·
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok. ·
Mengolah informasi berkaitan dengan tugas Menerjemahkan Teks ke Dalam Bahasa Sunda
atau Sebaliknya yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan mengamati teks
hasil terjemahan teman dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja
dan kamus dwibahasa. ·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : ·
Laporan penugasan Menerjemahkan Teks ke Dalam Bahasa Sunda atau Sebaliknya secara tertulis ·
Peserta didik berlatih menerjemahkan paragraf bahasa Indonesia
ke dalam bahasa Sunda serta sebaliknya dengan tertib dan disiplin. ·
Peserta didik
mendiskusikan judul-judul karya sastra Sunda terjemahan dari Bahasa lain
dengan tertib dan disiplin. ·
Setiap kelompok memaparkan hasil diskusi dari
penerjemahan artikel berbahasa Indonesia. ·
Setiap kelompok memberikan tanggapan terhadap penampilan
temannya. ·
Peserta didik bergiliran membacakan hasil terjemahan. ·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Menerjemahkan Teks ke Dalam Bahasa Sunda atau Sebaliknya yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran Kegiatan Penutup 1. Guru membimbing peserta didik membuat
kesimpulan tentang materi Terjemahan berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan 2. Peserta didik diberikan informasi tentang
materi yang akan datang yaitu materi KD Dongeng 3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar serta mengucapkan salam. |
Penilaian Hasil Belajar |
1. Sikap: guru menilai sikap peserta didik
berdasarkan kemandirian dalam belajar, tanggungjawab dan disiplin dan jujur dalam mengerjakan dan
mengumpulkan tugas sesuai waktu 2. Pengetahuan: Pemberian pertanyaan dalam
bentuk uraian. 3. Keterampilan: Guru menilai hasil terjemahan
siswa dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda atau sebaliknya |
Instrumen Penilaian
1.
Sikap
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor Rata-rata |
||||
Tanggung Jawab |
Jujur |
Peduli |
Kerja Sama |
Santun |
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes
Uraian :
1. ...
2. ...
3. ...
4. ...
5. ...
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif
jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
2 |
2 |
|
2 |
3 |
|
2 |
4 |
|
2 |
5 |
|
2 |
Jumlah |
10 |
3. Keterampilan
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS :.…………..
No |
Nama Siswa |
Tingkat / Aspek |
Nilai |
Ket. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Mengerjakan soal
remedial mengenai ...............
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku Sunda tentang ...........
Mengetahui, Kepala Sekolah SMA ............... .................................. NIP.- |
Ciamis,
7 Juli 2020 Guru
Mata Pelajaran Setiadi, S.Pd NIP.
- |
Komentar
Posting Komentar